Rabu, 10 Februari 2016

“TIPS-KU”
-8 TIPS MANAJEMEN STRES UNTUK PREMENSTRUAL SYNDROME-
Hallo semua,
Apa temen cewekmu suka marah-marah nggak jelas akhir-akhir ini?
Jika yaa,, tolong dimaklumi lah, mungkin aja dia lagi kena premenstrual syndrome yaitu sindrom yang biasa dialami seorang wanita yang akan dapet (datang bulan). Nah inilah alasannya kenapa si Doi atau temen cewek kamu kadang emosinya nggak terkontrol.
Ketika premenstrual syndrome (PMS) datang, perubahan emosi dan stres menjadi sulit dikelola dengan baik. Hal ini disebabkan oleh perubahan kadar hormon (hormon estrogen dan progesteron) pada perempuan menjelang menstruasi. Tentu akan lebih baik jika emosi dan stres dapat lebih bisa dikendalikan meski sedang mengalami PMS. Buat yang lagi PMS, berikut adalah beberapa tips dalam mengelola emosi dan stres semasa PMS:
a.       MENDENGARKAN MUSIK
Mendengarkan musik dapat menenangkan pikiran. Musik sangat baik untuk memperbaiki suasana hati yang buruk. Dengan mendengarkan musik seseorang dapat menetralkan perasaan sedih,depresi dan meningkatkan level  energi.
b.      MENAMBAH JAM TIDUR
Mengelola stres dengan menambah jam tidur untuk mencegah tubuh dari kelelahan. Survei menunjukkan bahwa perempuan yang sedang PMS mengalami kelelahan dari tingkat ringan sampai tingkat yang cukup parah.
c.       MEMIJAT TUBUH
Merilekskan tubuh dengan memijat untuk meringankan nyeri otot,kekakuan, dan nyeri bagian tubuh lain. Selain tubuh menjadi rileks dan meringankan nyeri,pijat juga bermanfaat untuk melepaskan racun akibat stres.
d.      MEDITASI
Meditasi menawarkan lingkungan dimana seseorang dapat membebaskan diri dari gangguan dan menenangkan diri serta pikiran. Sehingga dapat menghilangka stres akibat PMS.
e.      AROMATERAPI
Dapat digunakan untuk menenangkan pikiran dan tubuh. Jenis aromaterapi yang dapat menenagkan misalnya lavender, telah digunakan untuk meredakan sakit kepala, gelisah, dan insomnia secara alami.
f.        LATIHAN PERNAFASAN
Pelajarilah latihan pernafasan sederhana untuk mengeluarkan energi negatif dan stres.
g.       SELF-TALK
Melakukan percakapan dengan diri sendiri yang positif sebagai alat manajemen stres yang dapat dimodifikasi untuk mengelola gejala PMS.
h.      AKUPUNTUR
Tidak hanya dapat meringankan gejala PMS yang berkaItan dengan emosi, akupuntur juga mampumeredakan ketidaknyamanan fisik.

Itu beberapa tips yang aku dapat dari sebuah buku favoritku. Dan untuk pengalaman pribadi, biasanya kalau lagi PMS aq lebih suka dengerin musik atau menambah jam tidur. Kenapa tuh? Karena suka marah nggak jelas, g bisa kekontrol gitu sampai semua orang dideketku tu kayak sealau salah. Jadi dari pada nyaklitin temen-temen yang kita sayang mending aku lakuin dua hal itu. Hehehe.
Semoga bermanfaat buat kamu-kamu ya gaes..
(Ditulis pada hari Minggu galau, 07Februari2016.. Oleh Naomi Retno Pambayun, Amd.Keb.)
Dikutip dari buku pintar manajemen stres & Emosi karya Jingga Gemilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar