Kamis, 31 Maret 2016

“AIR PUTIH”

Cairan penting dalam memelihara keseimbangan serta proses metabolisme tubuh. Bila asupan cairan ke dalam tubuh tidak seimbang dengan pengeluaran, maka dipastikan anda akan mengalaimi gangguan ataupun dehidrasi.
Dalam pemenuhan kebutuhan cairan, sebaiknya pilihlah minuman yang baik dan tidak menimbulkan risiko bagi kesehatan. Salah satu yang terbaik tentunya adalah Air Putih. Air putih yang cukup akan membuat metabolisme tubuh berjalan baik sehingga tubuh tidak mudah terkena penyakit, membuat kulit tampaksegar dan terhindar dari kekeringan. Dan minumlah air yang bersih, mengandung mineral , bebas kontaminan, bebas bakteri serta segala macam jenis penyebab penyakit.
FUNGSI AIR PUTIH
1.         Menjaga kelembaban tubuh agar tetap sejuk
Bila organ-organ tubuh kekurangan air, maka bentuknya akan mengempis karena kehilangan kelembapan. Berkeringat merupakan isyarat agar kita segera minum.
2.       Menjaga agar darah dan getah bening dalam tubuh memiliki kekentalan yang cukup
Kurangnya cairan akan membuat  aliran dalam tubuh mengental, sehingga alirannya menjadi tidak lancar. Kekentalan pada darah akan mengganggu fungsi darah sebagai alat transportasi oksigen dan zat-zat makanan. Lalu darah yang kental juga dapat merusak ginjal sebagai filter atau alat penyaring racun dalam darah, akibatnya akan terjadi gagal ginjal yang membutuhkan hemodialis(cuci darah). Perjalanan darah yang kental di otak akan menyebabkan fungsi sel-sel otak tidak berjalan optimal atau bahkan cepat mati kondisi ini akan menjadi pemicu penyakit stroke.
3.        Menjaga suhu tubuh
Seseorang yang kekurangan air, suhu tubuhnya akan menjadi panas dan naik. Hal ini dapat mengakibatkan dehidrasi serta rusaknya sel saraf dan penurunan kondisi tubuh. Suhu tubuh akan normalkembali bila kita mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup.
4.       Mendorong terbuangnya racun atau toksin yang ada dalam tubuh
Air mampu membersihkan racun dalam tubuh lewat keringat, air seni, dan pernafasan. Cairan-cairan tersebut adalah racun. Bila kita sedikit minum maka sedikit pula racun yang dapat dikeluarkan. Racun yang tidak keluar akan menumpuk dan meracuni organ-organ dalam tubuh akibatnya akan mudah sakit dan tidak bugar.
5.        Media yang mengantarkan vitamin dan nutrisi ke seluruh sel dan organ tubuh
Jika air putih yang kita minum bersih dan kaya mineral, maka vitamin akan mudah terserap oleh tubuh dan cepat berubah menjadi energi. Namun bilakurang air,vitamin dan nutrisi yang sudah dikonsumsi akan terhambat yang berakibat melemahnya daya tahan tubuh.
6.        Memperlancar sistem pencernaan
Asupan cairan yang cukup akan membuat makanan yang melewati saluran cerna dapat mengalir dengan lancar dan mencegah konstipasi. Ketikaanda tidak memiliki cukup cairan, usus akan menyerap cairan dari feses untuk tetap menjaga hidrasi inilah penyebab sembelit.
7.        Menjaga kehalusan dan kelembaban kulit
Perhatikan apabila kulit menjadi kering, kasar, kusam, berkerut dan tidak segar alias cepat tua, hal ini karena kulit kehilangan cairan.
8.        Terhindar dari batu ginjal
Air merupakan perisai terampun untuk melindungi tubuh dari serangan batu ginjal. Karena air yang membanjiri ginjal, dapat mengusir semua zat sampah yang ada dalamnya. Zat-zat tersebut tidak dibiarkan mengendapnamun dikeluarkan dalam bentuk urin.
9.        Terhindar dari dehidrasi
Rasa haus adalah gejala awal dehidrasi, jadi bila minum takperlulah menunggu kita haus. Paling ideal adalah minum air putih minimal 8 gelas sehari.
10.      Membantu meningkatkan energi otot
Banyak minum air sebelum berolahraga sangat diajurkan untuk mengganti cairan yang hilang. Sel-sel otot yang kekurangan cairan dapat mengakibatkan kelelahan otot.
11.       Mengontrol kalori
Makanan yang mengandung banyak air cenderung kerap dikunyah dan diserap tubuh secara perlahan, hal ini menimbulkan rasa kenyang.
12.    Membantu tubuh untuk bebas bergerak
Air dapat menghasilkan pelumas sehinggga sendi-sendi dapat berfungsi dengan baik dan juga melenturkan tubuh kita.

JENIS KONTAMINAN AIR BERBAHAYA DAN SUMBERNYA
Tidak semua air aman dikonsumsi, air yang terlihat jernih, tidak berbau bukan jaminan air tersebut berkualitas baik dan sehat untuk diminum.Air yang terkontaminasi tidak dapat dilihat secara fisik, dicium atau dirasakan dengan panca indera. Berikut adalah beberapa kontaminan berbahaya dan sumbernya:
1.         TIMAH
Berasal dari bekas las pipa. Akibatnya adalan anemia dan gangguan pertumbuhan pada anak.
2.       MIKROBIOLOGI
Dapat  mudah berkembang biak di dalam saluran pipa juga tangki-tangki penampung.
3.        PARTIKEL KOROSI
Karat pada saluran pipa
4.       VINYL CHLORIDA
Berasal dari pipa berbahan PVC
5.        LIMBAH INDUSTRI
Seperti Mercuri menyebabkan kerusakan ginjal, Radon merangsang kanker lambung.




Referensi:

Hamidin, A S. 2012. Ampuhnya Terapi Air Putih. Yogyakarta: Media Pressindo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar